Probiotik untuk Produktivitas dan Kualitas Telur Ayam

by | Mar 28, 2024 | Peternakan | 0 comments

Konsumsi protein hewani diperlukan dalam upaya peningkatan gizi masyarakat. Konsumsi ideal protein individu perhari menurut Standar Nasional adalah 55 g yang terdiri dari 11 g protein hewani dan 44 g protein nabati. Telur ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau. Permintaan yang tinggi menyebabkan para peternak harus meningkatkan produktifitas dan kualitas telur.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas telur sebelum pengeluaran telur (oviposisi) antara lain faktor nutrisi pakan, genetik, umur dan berat induk, penyakit, dan suhu lingkungan. Pemberian probiotik terbukti dapat meningkatkan daya cerna pakan dengan cara mensekresikan enzim pengurai nutrisi seperti protease, lipase, dan amilase.

Penelitian yang dilakukan oleh Wardiana, dkk. (2021) menunjukan bahwa pemberian probiotik berpengaruh terhadap peningkatan berat telur, nilai indeks kuning telur dan mutu kesegaran telur. Sehingga terbukti penambahan probiotik pada pakan ayam ras dapat meningkatkan kualitas telur.

PROMIX® merupakan kombinasi probiotik dan herbal berisi Bifidobacterium bifidum, Bifidobacterium longum, Sacharomyces cerevisiae, Lactobacillus  bulgaricus, Curcuma xanthorriza Rhizoma, dan Curcuma domestica Rhizoma. Pemberian 2 – 3 kg PROMIX® untuk  1 ton pakan terbukti dapat menjadi imbuhan pakan alternatif untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas telur.

Pranala Luar

https://detiknews.id/hot/peternak-telur-ayam-milenial-capai-10-ribu-populasi-tingkatkan-umkm-dan-penuhi-gizi/

Wardiana, N.I., Lokapirnasari, W.P., Harijani, N., Al-Arif, M.A., dan Ardianto. 2021. Probiotik Bacillus subtilis pada Pakan Ayam Ras Meningkatkan Kualitas Telur dengan Perbedaan Masa Simpan. Jurnal Medik Veteriner.