Probiotik Jahe sebagai Pakan Tambahan Udang

by | Feb 2, 2023 | Penyakit udang, Perikanan, udang | 0 comments

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) termasuk salah satu komoditas perikanan ekonomis penting yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesi. Udang dipercaya sebagai protein tingkat tinggi yang mengandung nutrisi seperti ikan, udang mengandung 8 hingga 20% protein. Karena ini udang banyak peminat sehingga menjadi peluang budidaya yang menjanjikan. Produktivitas budidaya udang yang baik tentunya perlu didukung dengan beberapa faktor termasuk pemilihan mutu pakan yang baik, kualitas air, penguraian limbah, dan unsur pendukung lain. Keberhasilan budidaya udang juga didukung oleh pakan tambahan dan lingkungan sekitar tambak.

Manfaat jahe bagi udang

Jahe dan rempah dapat menjadi bahan probiotik untuk pakan udang, berguna mencegah penyakit yang menyerang udang. Berak putih merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang udang vaname. Penyakit berak putih dapat ditanggulangi dengan menggunakan ekstrak rempah jahe. Pemberian ekstrak jahe ini dapat diaplikasikan melalui pengggunaan probiotik. Probiotik merupakan mikroba tambahan yang memberikan pengaruh menguntungkan bagi inangnya melalui peningkatan nilai nutrisi pakan dan memperbaiki respon inang terhadap penyakit serta meningkatkan kualitas lingkungan. Semakin baik ketahanan tubuh udang terhadap penyakit maka akan semakin meningkatkan produktivitas udang.

Probiotik ekstrak jahe untuk udang

Zi-Ptro feed merupakan produk probiotik yang mengandung bahan alami untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan kontrol penyakit. Perpaduan bahan alami seperti rempah-rempah jahe dan propolis mampu meningkatkan kualitas nutrisi pakan udang, sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh udang agar tidak terserang penyakit sekaligus meningkatkan pertumbuhan.

Probiotik ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung antimikroba, antijamur, dan antioksidan. Rempah dapat mengatasi penyakit berak putih pada udang. Penyakit berak putih atau White feces disease merupakan penyakit yang mengakibatkan penurunan nafsu makan udang sehingga udang menjadi keropos dan kemudian mati. Apabila udang terserang penyakit berak putih, udang perlu puasa agar udang merasa lapar dan menambah nafsu makan. Setelah itu, campur pakan dengan probiotik yang mengandung rempah jahe. Penggunaan probiotik dapat dihentikan apabila nafsu makan udang sudah kembali seperti semula. Selain penggunaan probiotik, petambak udang perlu menjaga kondisi llingkungan sekitar tambak agar udang terbebas dari penyakit. Pengecekan kualitas air, membuat SOP budidaya, menentukan jadwal rutin untuk melakukan deteksi penyakit, serta menjaga kualitas benur perlu untuk dilakukan agar menghasilkan panen udang yang maksimal.