Penyebab Cangkang Telur Rapuh

Umumnya telur yang sehat memiliki ciri-ciri dari dalam dan luar. Ciri-ciri dari dalam ialah tidak adanya titik darah atau blood spot pada kuning telur dan putih telur yang kental. Sedangkan ciri-ciri dari luar ialah warna cangkang telur coklat terang dan tebal. Tanda dari cangkang telur yang tipis adalah rapuh sehingga mudah pecah dan bahkan dapat tembus cahaya jika terkena sinar. Banyak penyebab cangkang telur dapat rapuh.

Selama masa produktif ayam petelur, produksi telur akan berbeda setiap harinya. Dari segi berat, warna hingga ketebalan cangkangnya. Maka pencatatan dapat membantu peternak mengetahui kebutuhan nutrisi yang masih kurang. Sehingga peternak dapat menambahkan nutrisi-nutrisi tersebut secepatnya untuk hasil produksi yang maksimal. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pemberian nutrisi menentukan hasil produksi telur.

Lalu apa saja saja penyebab cangkang telur bisa rapuh?

  1. Pertama adalah faktor nutrisi. Untuk membentuk cangkang telur yang baik, ayam petelur membutuhkan 20 kali lipat kalsium dari kebutuhan normal. Hal tersebut terjadi karena cangkang telur tersusun dari 40-60% Ca (Kalsium). Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi maka pembentukan cangkang telur akan terganggu dan akibatnya cangkang telur menjadi rapuh.
  2. Faktor yang kedua adalah infeksi penyakit. Antaranya  Egg Drop Syndrome (EDS) dan Avian Influenza (AI). Penyakit EDS yang disebabkan oleh virus Avian Adenovirus menyebabkan cangkang telur tipis hingga tidak ada cangkang. Kemunculannya dari awal periode bertelur.
  3. Selanjutnya adalah faktor suhu dan cuaca. Cuaca yang menyebabkan terjadinya kenaikan suhu pada lingkugan kandang dapat mengakibatkan panting. Panting adalah suatu kondisi ayam seperti megap-megap dan sesak sehingga mengeluarkan banyak CO₂ yang diperlukan untuk membentuk CaCO₃. Kalsium karbonat inilah yang berperan dalam pembentukan cangkang telur.

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, maka sebaiknya peternak lebih memperhatikan lagi manajemen kandangnya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan kalsium yang menjadi susunan utama cangkang telur. Pemberian tepung kulit kerrang juga dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan kalsium ayam petelur. Namun jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin D untuk penyerapan kalsiumnya juga dengan cara pemberian Egg Stimulant.


Sumber Referensi: peternakan.umm.ac.id , poultryindonesia.com

id_ID