Penyebab Kaki Kering Ayam Broiler

Penyebab Kaki Kering Ayam Broiler

Ayam broiler pada masa day old chick (DOC) sering mengalami penyakit kaki kering karena beberapa penyebab. Penyebab kaki kering pada ayam broiler paling sering berhubungan dengan kasus dehidrasi dan genetika turunan. Masa brooding yang kurang pengawasan secara menyeluruh pun sering menyebabkan meningkatnya potensi penyakit kaki kering. Penyebab utamanya adalah dehidrasi, pengangkatan DOC terlalu lama, pengiriman yang tidak baik, manajemen kandang dan masa brooding yang tidak ideal.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi tubuh makhluk hidup yang kekurangan cairan dalam tubuh di bawah batas toleransi tubuhnya. Lebih banyak cairan yang keluar daripada yang masuk, menyebabkan kondisi dehidrasi tersebut terjadi. Selain itu, kondisi eksternal seperti cuaca dan suhu tertentu dapat menyebabkan dehidrasi semakin mungkin terjadi.

Kondisi apa saja yang menyebabkan dehidrasi pada ayam broiler?

  1. Pengangkatan DOC terlalu lama di hatchery/breeding dapat menyebabkan kekurangan cairan yang berujung pada dehidrasi.
  2. Jarak pengiriman dari hatchery ke kandang yang terlalu jauh dan suhu di mobil angkut/box tanpa perlakuan yang tepat.
  3. Pada masa awal pemeliharan, kurangnya tempat minum dan penempatan yang salah sehingga pembagian pasok air yang tidak merata. Hal ini menyebabkan ayam kekurangan cairan, maka peternak perlu memperhatikan manajemen kandang. Kondisi kandang untuk masa brooding yang terlalu padat dan suhu yang relatif tinggi juga dapat menyebabkan ayam kepanasan.

Lalu, berapa suhu yang dibutuhkan di kandang?

Umumnya kandang yang ideal memiliki rentang suhu sekitar 32-35 derajat Celcius.

Dari hal-hal tersebut dapat diketahui manajemen kandang untuk mengatur suhu, culling DOC, penempatan tempat air minum dan perlakuan masa brooding yang tepat, perlu diperhatikan dengan baik oleh teman-teman peternak. Hal-hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengurangi dan mencegah adanya penyakit kaki kuning pada ayam broiler. Tentu saja usaha yang menyeluruh juga akan membuahkan hasil yang setimpal.

Sumber referensi: podomorofeedmill.com , hobiternak.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID